Tips Upload Produk di E-Commerce (Bukalapak, Tokopedia, Shopee)

0
587
Tips Upload Produk di E-Commerce (Bukalapak, Tokopedia, Shopee)

Dalam berjualan online khususnya berjualan di e-commerce seperti bukalapak, tokopedia, shopee, tentu kita harus memiliki strategi khusus agar jualan kita laku dan laris. Salah satu yang harus diperhatikan dalam berjualan yaitu katalog produk. Kita harus memaksimalkan posting atau upload produk agar produk kita sukses dilirik oleh calon konsumen.

Nah, kali ini mimin akan sedikit share tips and trik upload produk di e-commerce agar produk dapat menarik perhatian calon konsumen.

Tips upload produk di E-Commerce

1. Judul

Hal pertama yang wajib diperhatikan yaitu judul produk. Pastikan produk memiliki judul yang mengandung keyword pencarian yang “kemungkinan” paling banyak dicari. Misal anda menjual Gamis merek Arwaa, anda bisa membuat judul produk “Busana Muslim Gamis Arwaa“.

Di judul tersebut, terdapat keyword umum yang kemungkinan memiliki pencarian tinggi yaitu “Busana Muslim” dan “Gamis”. Selain keyword umum, dijudul tersebut terdapat keyword branding yaitu “Arwaa”.

Atau contoh lainya seperti berikut ini :

judul produk

Selain itu, judul juga harus relevan dengan foto produk dan tentunya informatif. Tips ini berlaku di beberapa online shop yang memiliki sistem yang sama seperti bukalapak dan tokped.

2. Foto

Selain judul, foto merupakan salah satu point penting dalam menarik perhatian calon konsumen. Kanapa bisa begitu? karena ketika konsumen mencari sesuatu di kolom pencarian, maka setelah itu akan tampil beberapa produk terkait. Disana akan terlihat foto produk, judul, rating dan sebagainya.

Contoh, saya mencari produk dengan keyword “Knalpot Over Racing”, maka disana akan langsung diarahkan ke katalog produk. Nah, ketika disini akan ditampilkan produk yang sesuai keyword dan para penjual yang menggunakan iklan.

tips upload foto produk

Kira-kira mana yang lebih menarik menurut anda? Tentu produk yang memiliki foto yang jelas, relevan, berbeda dan memiliki harga yang menarik.

Jadi pastikan foto produk yang akan anda upload memenuhi beberapa faktor diatas. Sebagai rangkuman, berikut adalah tips optimasi gambar produk di e-commerce :

  • Menggunakan foto produk sendiri
  • Foto tidak buram dan memiliki resolusi yang baik
  • Foto┬ámenarik dan usahakan memiliki watermark
  • Foto berbeda dari kompetitor
  • Foto simple dan fokus pada produk

3. Deskripsi

Fungsi deskripsi yaitu menjelaskan lebih jauh informasi yang terdapat pada judul dan foto, jadi anda harus membuat deskripsi yang singkat namun lengkap, informatif, jujur, dan yang terpenting cantumkan FAQ atau keterangan tambahan.

Berikut adalah tips optimasi deskripsi produk :

  • Cantumkan isi paket atau barang apa saya yang akan didapatkan pembeli
  • Cantumkan kondisi barang, garansi, warna, ukuran dan keterangan lainya
  • Cantumkan mekanisme pengiriman
  • Pisahkan antar paragraf dengan spasi yang cukup luas (sekitar 1 baris)

Berikut adalah salah satu contoh deskripsi yang menarik :

tips upload produk di e-commerce

Nah, sekian tips upload produk di e-commerce, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here