Pentingnya Testimoni Penjualan dalam Bisnis Online

0
742
Jenis dan Manfaat Testimoni Penjualan dalam Bisnis Online

Dalam sebuah bisnis jual beli, kepercayaan merupakan hal yang sangat penting dan paling utama. Dengan kepercayaan, konsumen tidak akan sungkan untuk membeli produk yang kita tawarkan.

Namun, kepercayaan tidak datang begitu saja. Anda harus meyakinkan calon konsumen anda bahwa anda menjual produk yang ditawarkan sesuai dengan yang di janjikan.

Terkadang, pelanggan ragu dalam bertransaksi online dikarenakan saat ini modus penipuan sangat marak sekali.

Para calon pembeli biasanya lebih waspada karena mereka takut barang yang mereka beli tidak sampai, cacat, tidak sesuai deskripsi, dan hal buruk lainya.

Jadi, untuk mengatasi hal tersebut, kita harus sebisa-bisanya meyakinkan calon konsumen agar mereka percaya terhadap kita.

Salah satu cara untuk meyakinkan calon pembeli yaitu dengan Testimoni.

Dalam bisnis online, testimoni merupakan syarat wajib agar usaha / start up yang anda bangun memiliki nilai kepercayaan yang tinggi.

Hal ini terbukti efektif karena biasanya sebelum melakukan suatu transaksi, biasanya pelanggan mencari-cari terlebih dahulu informasi mengenai penjual yang mereka maksud.

Terus bagaimana cara mendapatkan Testimonial?

Cara mendapatkan testimoni sebernarnya cukup mudah. Syaratnya anda harus mampu menjual dulu produk ke beberapa konsumen atau pelanggan.

Untuk mencari pelanggan pertama, anda bisa melakukan berbagai strategi. Salah satunya yaitu dengan memberi promo, diskon, bonus dan sebagainya.

Setelah anda dapat melakukan closing, Anda dapat meminta testimoni atau pendapat mereka secara langsung lewat pesan pribadi.

Anda juga bisa memberikan hadiah terhadap mereka sebagai ucapan terima kasih.

Setelah anda mendapat sebuah testimoni, jangan lupa untuk mengabadikanya dengan cara Screenshoot. Namun jangan lupa untuk mensensor hal-hal yang bersifat pribadi untuk menjaga privasi pelanggan Anda.

Jenis-jenis Testimonial

Dalam bisnis online, ternyata testimoni banyak ragamnya. Berikut adalah jenis-jenis testimoni yang biasanya didapatkan dalam bisnis online shop.

Berdasarkan media

  1. Testimoni Tertulis

Testimoni ini biasanya diungkapkan oleh pembeli dalam kolom komentar website toko online, di dalam chat, di sosial media atau bisa juga ditulis dalam blog pribadi mereka.

Testimoni jenis ini merupakan testimoni yang sangat bermanfaat bagi kita karena kita dapat menggunakanya sebagai bahan promosi untuk membangun kepercayaan pelanggan lainya.

Jangan lupa, anda memberi suatu penghargaan atau ucapan terima kasih terhadap mereka karena mereka telah meluangkan waktu untuk memberikan feedback terhadap kita.

2. Testimoni Tidak Tertulis

Testimoni jenis ini biasanya didapatkan oleh toko offline. Namun, tidak jarang juga toko online yang mendapatkan testimoni jenis ini.

Testimoni tidak tertulis yaitu testimoni yang diungkapkan secara langsung oleh pembeli. Biasanya berupa ucapan dari mulut ke mulut.

Berdasarkan isinya

  1. Testimoni Positif

Testimoni positif merupakan testimoni yang bersifat “kepuasan”. Biasanya kita akan mendapat testimoni jenis ini jika pelanggan puas akan pelayanan kita, produk kita dan kejujuran kita.

2. Testimoni Negatif

Testimoni negatif merupakan kebalikan dari testimoni positif. Testimoni ini biasanya didapat karena konsumen tidak mendapatkan sesuatu yang mereka harapkan. Keluhanya biasanya mengenai produk yang tidak sesuai deskripsi, respon yang lamban, service yang buruk dan sebagainya.

Namun hal ini sangat berguna karena dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk kedepanya.

Berikut adalah Contoh Testimonial Pelanggan

contoh testimmoni di social media
contoh testimonial di chat
Contoh testimonial di WhatsApp

Manfaat Testimonial

Jika Anda membaca artikel ini secara keseluruhan mungkin Anda sendiri sudah dapat menyimpulkan sendiri manfaat dari sebuah Testimonial. Namun, berikut mimin rangkum manfaat dari Testimoni.

Manfaatnya yaitu KPE yang berarti kepercayaan, promosi dan evaluasi

  • Sebagai bahan Membangun¬†Kepercayaan
  • Sebagai bahan Promosi
  • Sebagai bahan Evaluasi

Jadi, jika melihat pengaruh dan dampak positif testimoni diatas tidak ada salahnya jika mulai sekarang Anda membangun dan mengumpulkan data-data Testimoni.

Jika anda telah memiliki testimoni, Anda dapat menggunakanya sebagai bahan promosi untuk membangun kepercayaan.

Contohnya seperti menampilkanya di landing page produk, di gambar deskripsi, di iklan anda atau dimanapun tempat Anda menampilkan produk.

Sekian Artikel kali ini, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan. Anda dapat meninggalkan komentar Dibawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here