Poin Penting Sosial Media Marketing yang sering Dilupakan

0
224

Di Era modern saat ini, hampir seluruh bisnis memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan produk mereka. Dengan sosial media, poin penting marketing dapat tercapai. Hal ini disebabkan karena sosial media memiliki jangkauan pasar yang sangat luas serta memiliki berbagai fitur canggih untuk mendukung pemasaran seperti fasilitas analisis pasar.

Namun terkadang, pemain pasar bersikap egois dan mementingkan keinginan pribadi tanpa memperdulikan konsumenya. Nah, berikut adalah artikel mengenai poin penting socmed marketing yang sering dilupakan, simak artikel lengkapnya…

Poin Penting Sosial Media Marketing yang sering Dilupakan

  1. Mendengarkan Konsumen

Tanpa konsumen, kita tidak akan bisa menawarkan produk kepada mereka lewat sosial media. Jadi, kita harus dapat menyeimbangkan antara menyampaikan dan mendengarkan. Kita tidak harus melulu berpromosi dan menawarkan produk-produk yang kita miliki, kita juga harus mendengarkan keinginan dan harapan mereka. Dengan begitu, akan terjadi interaksi yang menimbulkan kedekatan antara penjual dan pembeli.

Dengan begitu, secara tidak langsung ini menimbulkan energi positif kepada calon pembeli lain yang ikut melihat interaksi kita.

Langkah yang bisa kita lakukan untuk mendengarkan konsumen yaitu membaca dan membalas komentar atau pesan konsumen. Dari ini kita dapat mengetahui keinginan dan kekurangan untuk bahan evaluasi kedepanya.

2. Kualitas

Banyak sekali marketer pemula yang menjadikan kuantitas sebagai acuan utama, padahal dalam mempraktekan sosial media marketing, kualitas lebih penting dari itu. Bayangkan, jika anda memiliki teman atau follower hanya 1000 namun aktif berinteraksi, tentu ini lebih menjanjikan dari pada memiliki 10.000 followers namun tidak memiliki interaksi sama sekali.

Jadi, mulai sekarang, fokuslah untuk meningkatkan kualitas akun media sosial. Caranya bisa dengan berinteraksi secara rutin, membalas komentar, memberikan hadiah, upload foto hiburan dan sebagainya.

3. Sabar

Dalam hal apapun, sabar merupakan kunci yang sangat penting untuk mencapai tujuan yang di inginkan. Sebagai entrepreneur yang cerdas, kita harus paham bahwa semua butuh proses begitupun dengan marketing di sosial media yang tidak bisa dijalankan dalam waktu yang singkat.

Dalam prakteknya kita harus bersabar dalam menghadapi hal hal yang tidak di inginkan seperti komentar buruk, komplain, oknum yang ingin menjatuhkan, konsumen rempong, dan sebagainya.

Percayalah bahwa dalam setiap bisnis, hal itu pasti ada. Jadi kita jangan mudah putus asa, sabarlah karena nanti ada waktunya kita memiliki komunitas dan pelanggan setia yang solid yang akan membantu dalam keberlangsungan bisnis kita di masa mendatang.

4. Berproses

Tentu, point 3 saja tidak cukup. Kita harus mau berproses dalam bersosial media. Apalagi berjualan, kita harus mau bekerja keras dan memberikan yang terbaik kepada calon konsumen. Contohnya seperti memberikan mereka konten berkualitas, share-share ringan, giveaway dan sebagainya.

Hal ini dapat membentuk komunitas yang memiliki loyalitas tinggi dan tidak sungkan untuk membagikan postingan kita. Dengan konsep mutualisme ini, peluang menjangkau jaringan yang lebih luas akan semakin terbuka. Dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk menawarkan sesuatu kepada publik.

5. Ilmu

Dalam melakukan sesuatu pasti ada ilmunya, jika tanpa ilmu semua yang kita lakukan akan terasa sia-sia. Begitupun dalam berjualan menggunakan media sosial. Itu pasti ada ilmunya, kita harus sering belajar dan membaca agar kita semakin matang dalam menjalankan sosial media marketing.

Dengan ilmu, kita dapat mengetahui apa yang harus dilakukan, bagaimana tahapanya, apa kekuranganya dan semua itu bisa dijadikan evaluasi untuk langkah yang lebih baik kedepanya.

Jadi, jangan malas mencari ilmu ya… Jika anda membaca artikel ini secara keseluruhan, anda dapat menyimpulkan poin penting yang mimin maksud, yaitu Peduli, Jujur, Sabar, Mau Berusaha dan Mau Mencari Ilmu.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa share ya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here