3 Rumus Membuat Status Facebook untuk Menarik Minat Pembeli

0
150

Di zaman modern ini, orang tidak perlu lagi menjajakan barang di toko atau dipasar untuk berjualan. Kita dapat memanfaatkan sosial media seperti facebook untuk berjualan. Hanya dengan membuat status dan mempostingnya, kita sudah bisa mendapatkan calon pembeli. Namun masalahnya, kadang orang yang tidak memperperdulikan postingan kita karena status yang kita buat dinilai kurang menarik sehingga tidak menarik minat pembeli.

Trik Membuat Status Facebook untuk Menarik Minat Pembeli

Seperti yang kita tahu, promo lewat status facebook tidak akan memiliki ruang untuk headline atau judul. Kecuali di grup dengan tipe postingan sales.

Dan seperti yang kita tahu, headline merupakan elemen penting karena inilah yang pertama kali dilihat oleh calon pembeli. Jika headline atau judul anda kurang menarik perhatian, maka orang tidak akan berhenti scroll dan membaca iklan anda. Orang yang tidak melihat tidak akan pernah tertarik untuk membeli.

Namun tenang, pada artikel kali ini mimin akan membagikan solusinya…

Trik ini bukan hanya untuk menarik perhatian, trik ini juga dapat menumbuhkan minat pembeli sejak pertama kali melihat iklan. Berikut adalah artikel lengkapnya…

Trik #1 Masalah – Solusi

Teknik ini mungkin sudah tidak asing bagi orang yang terbiasa membuat copywriting. Perlu anda tahu, konsumen membeli produk itu untuk mengatasi masalah bukan sekedar membeli.

Jadi, status facebook yang bagus yaitu menganalisis dan mengidentifikasi terlebih dahulu masalah yang dihadapi calon konsumen, setelah itu baru menawarkan solusinya menggunakan produk Anda.

Dari pada bingung, mending langsung ke contohnya :

Sebelumnya, mimin kasih templatenya terlebih dahulu…

APAKAH + (UKHTI/IKHWAN/ANDA/DSB) + (MASALAH/KENDALA/KETAKUTAN) + JIKA YA, KAMI MEMPUNYAI SOLUSI TERBAIK UNTUK ANDA + (PRODUK/JASA ANDA) + (MANFAAT/SOLUSI) + (JAMINAN/GARANSI)

Contoh…

APAKAH UKHTI SUKA MERASA GERAH KETIKA MEMAKAI BAJU SYAR’I?

JIKA YA, KAMI MEMPUNYAI SOLUSI TERBAIK UNTUK ANDA

PERKENALKAN KAOS MUSLIMAH RAFANI, DENGAN BAHAN KATUN 24s, TERBUKTI ADEM DAN NYAMAN DIPAKAI. DENGAN BAHAN PREMIUM YANG BERKUALITAS KAMI JAMIN ANDA SUKA. GARANSI UANG KEMBALI JIKA PRODUK CACAT.

Itu merupakan 1 contoh headline yang menarik karena dibuat dengan template khusus yang sering digunakan oleh para pembuat copywriting.

Setelah anda membuat headline tersebut, jangan lupa untuk mencantumkan detail lengkap dan cara pemesanan.

Agar anda semakin mahir, langsung saja praktek dengan membuat beberapa headline untuk produk yang anda jual…

Trik #2 BERI JANJI

Semua orang suka akan kepastian. Dan faktanya otak manusia membenci segala hal yang tidak pasti.

Nah untuk menarik perhatian calon pembeli anda, sedikit sisipkan janji untuk menumbuhkan minat konsumen.

Berikut Template nya…

JIKA + (ANDA/UKHTI/DSB) + (MASALAH) + SETELAH MENCOBA + (PRODUK KOMPETITOR) + MUNGKIN INI MENJADI SOLUSI TERBAIK UNTUK ANDA + (PERKENALKAN PRODUK) + (FAKTA/BUKTI KEBERHASILAN PRODUK) + (KEINGINAN KONSUMEN)

Berikut contohnya

JIKA ANDA MENGALAMI KULIT BERJERAWAT NAMUN TIDAK KUNJUNG MEMBAIK SETELAH MENGGUNAKAN BERBAGAI MACAM OBAT, MUNGKIN INI MENJADI SOLUSI TERBAIK UNTUK ANDA

PERKENALKAN SPIRIT ACNE, 8 DARI 10 PEMBELI MENGATAKAN PUAS DENGAN PRODUK KAMI. SPIRIT ACNE TERBUKTI MEMBUAT WAJAH LEBIH BERSIH DALAM 1 MINGGU!

Setelah headline dibuat, seperti biasa… jangan lupa cantumkan detail, spesifikasi, cara pemesanan dan foto pendukung seperti foto produk dan testimoni.

Trik #3 SOK DEKAT

Apa ekspresi anda jika anda sedang berada di tempat umum kemudian ada orang yang memanggil nama anda?

Pasti anda akan menoleh dan memusatkan perhatian kepada si pemanggil.

Dalam hal ini, dapat disimpulkan bahwa kita akan tertarik jika ada orang yang memanggil dengan cara yang khusus dan lebih dekat.

Jadi, anda sebagai pemiliki produk, anda harus paham dengan produk yang ingin anda jual. Anda harus tahu untuk siapa produk anda? Apakah PNS? Rider? Anak Muda yang baru hijrah? Orang yang berjerawar? atau sebagainya.

Siapapun mereka, anda harus sok dekat dan care terhadap masalah yang mereka hadapi.

Dengan begitu mereka akan merasa diperhatikan dan tertarik dengan produk anda.

Berikut adalah template nya :

UNTUK/KHUSUS/BUAT + (SESEORANG/PROFESI/GOLONGAN/DSB) + YANG/DAN INGIN (KEINGINAN KONSUMEN) + TANPA (MASALAH) + MUNGKIN INI YANG SELAMA INI ANDA CARI + ( PERKENALKAN PRODUK )

Contoh….

UNTUK UKHTI YANG BARU HIJRAH DAN INGIN TAMPIL SYAR’I NAMUN TETAP FASHIONABLE TANPA RIBET DAN GERAH, MUNGKIN INI YANG SELAMA INI ANDA CARI…

PERKENALKAN, NOORSY
KERUDUNG INSTANT YANG FASHIONABLE DENGAN WARNA YANG TRENDI DAN ANAK MUDA BANGET.

Contoh 2…

KHUSUS ANDA SEORANG PNS YANG INGIN TETAP SEHAT KETIKA BEKERJA DI DEPAN KOMPUTER TANPA EFEK SAMPING, MUNGKIN INI YANG SELAMA INI ANDA CARI

PERKENALKAN, KECAMATA ANTI RADIASI.
KACAMATA DENGAN TEKNOLOGI BLUE FILTER TERBUKTI MENCEGAH SINAR ULTRA VIOLET BERBAHAYA YANG DIHASILKAN OLEH LAYAR MONITOR.

Nah seperti biasa, setelah headline jangan lupa cantumkan detail produk, foto dan cara pemesanan.

Catatan Penting

Jangan Lupa untuk praktek ya, karena trik ini perlu latihan agar anda semakin mahir. Trik diatas bisa digunakan untuk semua jenis produk dan jasa. Tinggal anda sesuaikan saja.

Pada postingan pertama, mungkin hasilnya biasa saja. Perlu waktu dan latihan terus menerus hingga anda mampu mningkatkan konversi penjualan.

Sekian artikel mengenai rumus membuat status facebook agar menarik minat pembeli. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar dibawah.

Jangan lupa share ya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here