Banyak Trafik di Landing Page tapi Miskin Konversi? Simak Berikut! (Part 1)

Banyak Trafik di Landing Page tapi Miskin Konversi? Simak Berikut! (Part 1)

Marketing Anda sudah siap, tinggal eksekusi. Lalu Anda telah membayar iklan pencarian dan menghasilkan trafik organik yang bagus, iklan Facebook Anda berfungsi, dan Anda mendapatkan trafik yang berlimpah ruah. Semua terlihat sempurna, tetapi ada satu hal yang kurang.

Orang-orang mengunjungi landing page (LP) Anda, tetapi karena suatu alasan, sedikit atau bahkan tidak ada yang membeli produk yang anda tawarkan. Apakah anda akan menyerah begitu saja dan menganggap kalau marketing anda gagal?

Belum tentu. Bisa jadi permasalahan tersebut terletak pada LP anda. Jika Anda tidak memiliki LP yang baik, itu seperti pergi memancing tanpa jaring: Anda mungkin mendaratkan yang besar di kail Anda, tetapi Anda tidak akan bisa menyeretnya ke dalam kapal .

Simak 5 tips agar dapat meningkatkan konversi di LP anda.

 

  1. Tingkatkan Kecepatan Pemuatan Halaman Pendaratan Anda

Sebuah riset menemukan berapa lama seseorang berkunjung ke satu situs sebelum berpindah ke situs lainya. Kira-kira anda tau berapa lama? Sangat singkat!

3 detik!

Ya, cuma 3 detik. Kalau LP anda tidak memberikan kesan yang bagus pada 3 detik di awal, maka kemungkinan besar anda tidak akan mendapatkan konversi.

Lebih masalah lagi kalau LP anda lama loading, sehingga orang tidak akan melihat sama sekali isi konten dan meninggalkan halaman. Selama-lamanya.

Agar hal itu tidak terjadi, Anda dapat:

  • Pastikan halaman arahan Anda mencakup jumlah minimum elemen berat dan grafik.
  • Periksa waktu pemuatan dan berat halaman dengan bantuan layanan khusus.
  • Edit lebar dan tinggi gambar di editor grafis.
  • Kompres gambar sebelum mengunggah ke suatu halaman.

 

  1. Struktur yang Mengalir dan Jelas

Struktur halaman arahan Anda sangat penting. Menempatkan elemen halaman dalam urutan yang ‘mengalir’ akan membantu agar pengunjung bergerak lebih dalam ke halaman, dan pada akhirnya akan melakukan sesuai CTA anda.

Selain menggunakan foto yang cerah, Anda juga dapat menggunakan panah, mengarahkan mata pengunjung ke arah yang Anda inginkan.

Biasanya, halaman arahan ditata seperti ini:

  • Headline yang menarik
  • Gambar atau foto yang relevan atau menarik
  • Formulir kontak
  • Benefit produk atau layanan
  • Fitur produk atau layanan
  • Testimoni, faq

LP yang terstruktur dengan baik meningkatkan tingkat konversi secara signifikan. Namun, jika Anda tidak memahami audiens Anda, atau jika Anda tidak jelas tentang apa yang Anda ingin pengunjung lakukan, maka akan sulit untuk mengatur struktur dan konten untuk LP anda.

  1. Call To Action yang Jelas

Call To Action (CTA) adalah apa yang Anda ingin pengunjung lakukan: Beli Sekarang. Daftar. Cobalah. Hubungi kami. Lihat Video Kami.

Apa pun yang Anda putuskan akan memindahkan orang lebih jauh di sepanjang corong konversi Anda. Itulah yang seharusnya Anda tanyakan kepada mereka, dengan jelas dan menggoda, untuk dilakukan. Jangan mengalihkan perhatian mereka dengan banyak permintaan lainnya. Halaman terbaik hanya menonjolkan satu CTA.

  • Pertimbangan untuk strategi

Ini adalah area yang sangat kuat (dan mudah) untuk diuji. Jadi uji warna, ukuran, dan penempatan tombol. Uji salinan yang relatif tidak sopan (“Dukung Alasan Kami”) terhadap salinan yang lebih menuntut (“Donasikan Sekarang”).

  • Pertimbangan untuk desain

Pastikan CTA ditampilkan setidaknya sekali dalam tombol yang terlihat berbeda secara visual, terpusat, dan tampak kancing. Jangan membuat orang menebak apa yang harus mereka klik.

Gunakan isyarat visual, seperti panah atau gambar orang yang melihat tombol, untuk menarik perhatian.

Jika Anda memiliki CTA lain di halaman tersebut, jangan menekankan mereka secara visual dibandingkan dengan CTA primer.

Jika Anda memiliki konten di bawah flip, ulangi CTA. Selalu membuatnya mudah dan menarik bagi pengunjung untuk mengambil tindakan yang diinginkan.

 

  1. Fokus Pada Satu CTA

Penelitian telah menunjukkan bahwa semakin banyak pilihan yang Anda tawarkan kepada orang pada situs anda, semakin lama mereka mengambil keputusan . Jadi semakin jelas dan sederhana dalam membuat LP, semakin besar kemungkinan Anda membuat seseorang mengambil tindakan yang Anda inginkan.

Apakah Anda benar-benar membutuhkan bilah navigasi itu? Lepaskan atau perkecil secara visual, dan jika tidak hilangkan hal-hal yang dapat diklik yang bukan CTA Anda.

Apakah Anda benar-benar perlu berbicara tentang filosofi perusahaan Anda? Pindahkan ke bagian “Tentang” dan batasi konten yang tidak bertujuan memindahkan orang ke saluran.

Apakah Anda benar-benar perlu mengumpulkan semua informasi itu? Jika Anda punya formulir di halaman Anda, buatlah singkat. Studi demi studi menunjukkan bahwa lebih banyak bidang = respons yang lebih rendah.

  1. Konten yang Konsisten

Landing page yang efektif berkonten konsisten dengan instrumen digital marketing lainnya (banner, website, social media, dan lainnya). Info yang berbeda antar-instrumen menjadikan pengunjung bingung.

Pastikan pengunjung tahu bahwa mereka tidak salah tempat “mendarat”. Jaga konsistensi dengan mengulang keywords dan slogan yang sama dalam setiap instrumen. Gunakan tone serta gaya bahasa yang juga senada.

Setelah anda selesai membaca sampai bawah, pahami kembali agar bisa dengan mudah anda praktekan kedepanya pada LP atau situs bisnis anda.

Bagi anda yang ingin serius dan ingin mendalami lebih lanjut materi landing page, anda bisa bergabung di www.kelas.seomuda.id/landingpage

Dengan bergabung sebagai member di kelas landing page, dapat dipastikan dalam 30 hari setelah join landing page anda akan banyak mengkonversi pengunjung untuk membeli produk atau jasa yang anda tawarkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *