Dropship : Jualan Tanpa Modal dan Stok Barang

0
209

Perkembangan dunia internet memang begitu pesat. Semua hal yang dulunya mustahil dilakukan kini bisa dengan mudah berkat adanya internet. Salah satu contohnya yaitu berjualan jarak jauh. Bagaimana bisa seorang yang belum bertemu dan bertatap muka bertransaksi? Sekarang itu bisa dengan adanya sistem Online Shop seperti dropship. Nah, para pelaku yang melakukan bisnis berjualan online dapat meraup untung lebih banyak jika dibandingkan hanya dengan berjualan offline.

Bagaimana kita bisa berjualan online dari nol tanpa modal dan stok barang? Itu bisa dilakukan dengan menjadi seorang dropshipper. Dengan sistem dropship kita dapat dengan mudah untuk melakukan jualan dimanapun dan kapanpun yang kita inginkan.

Apa Itu Dropship?

Dropship adalah suatu sistem bisnis online dimana seseorang dapat menjual barang tanpa memiliki stok barang. Hal ini bisa dilakukan dengan menjalin kerja sama dengan supplier. Supplier akan memberikan harga lebih murah dan dijual kembali oleh dropshipper dengan harga yang lebih tinggi sehingga dropshipper dapat menerima keuntungan.

Untuk lebih singkatnya, bisa lihat gambar ilustrasi di bawah ini

3 Pihak yang diuntungkan dalam sistem Dropship

  • Supplier

Supplier merupakan pihak yang menyediakan barang untuk dijual oleh dropshiper.

  • Dropshipper

Dropshipper merupakan pihak yang menjual barang dari supplier.

  • Pembeli

Pembeli merupakan pihak yang membeli barang dari dropshipper.

Dengan sedikit penjelasan diatas, pasti kalian sudah paham kan?

Terus, apa perbedaan Dropshipper dan Reseller?

Perbedaanya yaitu dropshipper tidak memiliki stok barang, jadi dropshipper hanya menjual dan menawarkanya ke pelanggan, jika deal barang langsung dikirim dari supplier tanpa melewati dropshipper terlebih dahulu. Sedangkan reseller memiliki stok barang sehingga barang langsung dapat dikirim dari tempat reseller berada.

Cara Menjadi Dropshipper

Nah, mungkin kini anda bertanya-tanya, bagaimana cara menjadi seorang dropshipper? Sebenernya ini mudah sekali, anda dapat memulai membangun bisnis online sendiri mulai dari sekarang.

Anda hanya perlu mencari beberapa referensi untuk memulainya, berikut adalah langkah-langkah menjadi seorang dropshipper atau reseller.

  1. Tentukan Produk yang Ingin Dijual

Sebelum mulai bisnis ini, pastikan anda telah mencari produk yang ingin anda jual dan pasarkan. Saran mimin pilih produk yang banyak dipakai dan sedang trend. Pastikan pasarnya selalu ada setiap harinya.

Dan yang paling penting, jual lah produk yang sesuai dengan minat dan passion anda. Hal ini bertujuan agar anda lebih mendalami produk yang anda jual dan anda akan merasa senang dalam menjualnya.

2. Cari Supplier yang Dapat Dipercaya

Hal ini sangatlah penting karena ini menyangkut bisnis Anda kedepanya. Pilihlah supplier yang memiliki tanggung jawab tinggi, mengutamakan pelayanan, menjual produk yang berkualitas, dan memiliki waktu pengiriman yang cepat.

Hal ini bertujuan agar pelanggan anda tidak kecewa karena barang yang ia terima tidak sesuai.

Bagaimana caranya?

Carilah supplier yang serius di bidangnya serta telah memiliki nama. Biasanya supplier berkualitas menerapkan tarif pendaftaran jika ingin bergabung menjadi dropshipper atau reseller. Namun banyak juga supplier gratis yang terpercaya.

3. Analisa dan Bandingkan Harga

Tahap ini merupakan tahap yang paling penting. Anda harus mampu menentukan harga jual untuk produk yang telah anda pilih. Pastikan anda mendapat keuntungan 10-30% dalam setiap penjualan barang.

Harga jual biasanya telah ditentukan oleh supplier untuk mengatasi perang harga, namun ada juga supplier yang membebaskan resellernya untuk menentukan harga.

Bagaimana Cara Menjual Produk Dropship?

Setelah anda bergabung menjadi seorang dropshipper, tentu anda bingung harus menjual dimana?

Supplier yang baik biasanya memberikan edukasi dan materi cara berjualan agar resellernya sukses.

Namun, kali ini mimin sedikit berikan cara yang bisa anda gunakan untuk menjual produk dropship.

  1. Jual lewat Sosial Media

Sosial media merupakan kolam yang manis untuk menjual produk anda. Anda bisa mempromosikan produk lewat sosial media seperti facebook, instagram, twitter, dan sebagainya.

Dalam berjualan di sosial media, tentu anda harus menguasai sosial media marketing dan tips berjualan di media sosial. Anda bisa mempelajarinya di artikel sebelumnya.

2. Membuat Website Toko Online Sendiri

Kamu bisa membuat toko online sendiri sebagai tempat untuk menyimpan katalog produk dropship kamu. Anda akan terlihat lebih profesional dan terpercaya jika memiliki sebuah website.

Dengan memiliki toko online, kamu juga bisa membuat brand kamu sendiri. Nah bagi kalian yang ingin membuat toko online, anda bisa baca artikel berikut JASA PEMBUATAN TOKO ONLINE.

3. Manfaatkan SEO

Setelah anda memiliki toko online sendiri, anda bisa menggunakan SEO (search engine optimization) untuk mempromosikan barang anda. Dengan SEO maka barang anda akan muncul di search engine seperti Google, yahoo, bing dan sebagainya.

Untuk mempraktekanya tentu anda perlu memahami teknik seo dasar dan mengoptimasi web yang telah anda miliki.

Anda dapat memanfaatkan SEO Gratisan maupun Berbayar.

4. Jualan Di Marketplace

Jika anda ingin berjualan gratisan, anda dapat memanfaatkan marketplace lokal seperti tokopedia, bukalapak atau shopee. Anda dapat membuka toko online di sana dan mengupload semua produk yang ingin anda jual.

Namun, jika berjualan di marketplace, anda harus pinter-pinter bersaing dengan orang lain karena disini biasanya terjadi perang harga yang hebat. Anda harus memiliki kelebihan di banding kompetitor, contohnya seperti harga, gambar produk, detail produk, stok, dan kecepatan respon.

5. Jualan Secara Offline

Selain berjualan online, anda juga bisa berjualan secara offline. Jika menjual secara offline anda tentu harus mengetahui pasar di daerah anda. Anda dapat menawarkan barang ke tetangga, teman dekat atau keluarga.

Jika produk anda sesuai market maka dipastikan produk kamu akan laris manis.

Namun tentunya kamu harus memiliki katalog atau lebih bagusnya memiliki stok barang.

Bagaimana Agar Menjadi Dropshipper Sukses?

Tentu Anda harus fokus dalam menjual produk. Anda harus memiliki sifat pembisnis yang ulet, rajin, tidak pantang menyerah dan selalu mau belajar.

Perlu anda tahu semua itu tidak instan, anda harus berproses dulu untuk mencapai kesuksesan. Banyak sekali dropshipper yang sukses namun tentu, dibelakang kisahnya pasti ada perjuangan yang hebat.

Jangan terpukau hanya pada nilai uang, fokuslah pada masa depan agar bisnis anda berkelanjutan.

Evaluasi

Evaluasi merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Dengan evaluasi kita dapat mengetahui kesalahan dan bagaimana cara mengatasinya agar tidak terulang kembali.

Selain evaluasi, anda juga harus bisa mengaudit hal-hal penting seperti teknik marketing yang telah dilakukan, audit harga pasar, produk dan sebagainya.

Karena pasar itu bergerak jadi jika anda tidak mengikutinya maka bisnis anda akan hancur ketinggalan oleh kompetitor,

Peluang Usaha

Nah, bagi anda yang tertarik menjadi seorang dropshipper, anda bisa bergabung bersama kami di Muslimpasaraya. Kami merupakan supplier kebutuhan keluarga muslim yang terletak di Bandung. Jika anda bergabung anda bisa menjadi seorang dropshipper sekaligus seorang reseller. Anda juga akan mendapatkan pembelajaran online untuk memaksimalkan jualan Anda.

Apa keuntungan bergabung bersama kami?

  • Anda tidak perlu stok barang
  • Keuntungan yang sangat besar dari 20%-30%.
  • Tidak perlu sewa toko/gudang sehingga biaya sangat minim.
  • Tidak perlu repot mengemas dan mengirim barang.
  • Nama anda/toko anda akan ditulis sebagai pengirim barang sehingga pembeli tidak tahu supplier aslinya.
  • Mendapatkan Akses ke harga reseller secara khusus.
  • Pembelajaran online yang update
  • Disediakan bahan untuk promosi
  • Grup suport khusus

yang ingin bergabung, klik disini

Sekian artikel mengenai dropship, semoga bermanfaat bagi anda.

Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah.

Jangan lupa share ya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here