25 Trik Chatting untuk mempercepat CLOSING #2

25 Trik Chatting untuk mempercepat CLOSING #2

Jika pelanggan anda sudah aktif menghubungi lewat chat seperti whatsapp, bbm, facebook, instagram, line, telegram dan sebagainya tentu hal ini harus dimaksimalkan sebaik mungkin agar mereka segera order dan transfer. Agar terjadi closing cepat, tentu ada trik chat khusus untuk mempercepat closing. Langsung saja, kita kupas tuntas jurus jitu teknik chatting dengan konsumen berikut ini…

Trik Chatting untuk mempercepat CLOSING

1# Siapkan Autotext

Autotext adalah kumpulan teks yang telah dipersiapkan untuk membalas pertanyaan konsumen. Kita dapat mempersiapkan aplikasi pendukung agar kita dapat menjawab secara cepat dengan template yang sudah kita persiapkan. Dengan begitu kita akan lebih mudah dan cepat dalam menanggapi calon pembeli.

2# Sisipkan Emoticon pada setiap Chat

Emoticon merupakan perwakilan ungkapan ekspresi kita ketika sedang chat di instant messaging. Jadi, buatlah pelanggan anda merasa senang dan happy dengan menggambarkan suasana hati kita yang hormat, fun, dan sopan. Contohnya anda bisa menggunakan emot senyum, emot berdoa, emot oke dan sebagainya.

3# IYA in Perkataan mereka

Jika kita sedang menghadapi calon pembeli, jangan sekali kali mengatakan tidak atau menolak mereka, jika begitu mereka langsung bisa kabur. Ingat konsep PEMBELI=RAJA. Sebaiknya iyain dulu saya kemudian sanggah dengan lembut disertai alasan yang wah.

Contohnya seperti,

Pembeli : Mba, kok kerudungnya mahal sih?

Penjual : Iya mba, memang mahal. Tapi semua itu sebanding dengan kualitas bahan yang digunakan. Kami hanya menjual kerudung dengan bahan premium dan quality control yang baik sehingga tidak akan mengecewakan konsumen.

4#  Adaptasi Bahasa Mereka

Bahasa disini bukan hanya seperti bahasa indonesia, inggris dan sebagainya. Melainkan gaya bahasa khas mereka, seperti gaya bahasa gaul kaya hai gan, bro, sis… Gaya bahasa alay seperti mikum, dan sebagainya.

Hal ini bertujuan agar kita konsumen merasa dekat dengan kita. Selain itu gunakan bahasa yang dimengerti oleh konsumen seperti 10% off itu apa? 10% off itu potongan diskon 10% kak.

Pastikan konsumen paham apa yang kita tulis.

5# Dengarkan “Kebawelan” Mereka

Jika ada yang bawel, dengerin dulu saja. Buat mereka ngomel sepuasnya dulu sampe mereka puas. Setelah itu baru berikan sanggahan. Jika pas ngomel langsung di sanggah, mereka akan kabur dengan cepat. Sebaiknya tunggu dulu hingga mereka dapat diarahkan sesuai rencana kita.

6# Jawab dengan Cepat

Kecepatan merupakan hal yang paling penting dalam ilmu costumer service. Jika anda lamban sedikit saja, konsumen akan kabur dan pindah ke toko atau penjual lain. Jadi bales mereka dengan sesigap mungkin, jika bisa kurang dari 5 menit.

7# Selalu bales chat mereka, Kita yang harus akhiri Chat

Jika chat berujung pada titik akhir seperti “Oke kak, nanti saya transfer” atau “Oke baiklah” usahakan kita untuk selalu membalasnya walaupun hanya dengan kata oke, siapp, baiklah.

Hal tersebut sangat penting agar mereka merasa diperhatikan dan di prioritaskan.

8# Sisipkan Limitasi Produk

Manusia selalu tertarik dengan barang yang terbatas. Jadi anda bisa menyisipkan limitasi produk ketika sedang chat. Contohnya seperti, mba barangnya tinggal 1 lagi nih, jadi siapa yang transfer duluan dia yang dapat.

9# Berikan Detail

Berikan informasi atau deskripsi produk se detail mungkin, hal ini agar pembeli semakin yakin akan produk yang akan dibelinya. Jika perlu kasih foto produknya.

Anda juga bisa memberikan detail berupa gambar yang menarik agar nilai jual produk anda bertambah.

10# Promo Terbatas

Selain limited product, Limited Promo juga merupakan hal yang disukai manusia. Jadi berikan promo terbatas agar mereka lebih greget untuk transfer. Seperti, mba saya ingin memberi tahu bahwa saat ini sedang ada promo beli 1 dapat 1, tapi untuk yang transfer sebelum jam 24.

11# Harga Naik

Konsep harga naik mungkin hampir tidak asing lagi, namun trik ini masih sangat jitu sampai saat ini. Closing akan lebih cepat jika memberikan konsep harga naik. Seperti contoh, sis, besok harganya naik lho. Mau beli sekarang atau nanti pas harga normal?

12# Memberikan Sosial Proof

Teknik ini memberikan bukti bahwa produk kita sudah terjual dan digunakan banyak orang. Contohnya Gan, obat ini udah terjual lebih dari 2000 pcs, alhamdulilah… apakah agan mau jadi salah satunya?

13# Bonus Melimpah

Tidak sedikit pembeli yang melakukan pembelian karena melihat bonusnya. Jadi anda bisa menjabarkan bonus yang anda miliki agar terlihat banyak dan wah.

14# Hypnowriting

Gunakan beberapa teknik hypnowriting agar mendorong dan mempengaruhi mindset mereka untuk segera transfer.

Contohnya seperti “Semakin banyak pcs smakin banyak bonus yang diberikan”. atau “semakin cepat transfer semakin cepat barang sampai”.

15# Keuntungan Tambahan

Berikan value added saat melakukan chat juga dapat meningkatkan closing. Contohnya seperti free ongkir, gratis konsultasi, bonus tambahan dan sebagainya.

16# Flash Sale Tiba-tiba!

Saat melakukan followup, anda bisa memberikan flash sale seperti “khusus hari ini diskon 70% untuk 10 pembeli pertama.”

17# Sisipkan CTA

Call to action bertujuan agar lebih mempermudah pembeli untuk melakukan pembelian dan transfer.

Contoh hubungi Rishal 085xxxxxx untuk 10 orang tercepat akan mendapat diskon 80%.

18# Give Authority

Anda dapat mengirimkan foto produk anda yang sedang digunakan artist terkenal agar menambah kepercayaan mereka.

19# Kasih Testimoni

Kirimkan beberapa foto testimoni saat chat agar mereka yakin untuk membeli. Siapkan foto testimoni terbaik Anda.

20# Garansi

Orang tentu selalu ingin cari aman. Jadi anda bisa memberikan jaminan seperti kualitas produk, pengiriman, kerusakan dan sebagainya. Hal ini juga merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan closing.

21# Berikan Alasan kenapa harus membeli

Untuk membuat konsumen semakin yakin, berikan mereka alasan mengapa mereka harus membeli, apa kelebihan produk kita, dan sebagainya.

Siapkan 5 sampai 10 alasan untuk diberikan kepada calon konsumen.

22# Berikan pertanyaan “YA”

Berikan sugesti dengan memberikan pertanyaan dengan jawaban ya dan buat mereka terkunci, seperti mba jadi mau pilih kerudung adiba atau aqila?

23# Bukti Pengiriman

Selain testimoni, bukti pengiriman juga bisa meyakinkan pembeli agar kebelet transfer. Anda bisa kirim tumpukan packing produk anda agar terlihat lebih meyakinkan.

24# Jual mahal

Sekali-sekali, anda bisa menggunakan konsep jual mahal. Contohnya seperti” mohon maaf mba, produknya terbatas hanya tersedia 5 dan hanya untuk yang transfer hari ini”.

25# Beri P.S di akhir penjelasan

Ini merupakan keterangan yang berisi informasi penting di bagian bawah kalimat seperti N.B pada surat.
Contohnya :

blabla blabala
bala blabla bla

P.S : Promo ini hanya untuk 5 Orang pertama, buruan siapa cepat dia dapat.

 

Nah, sampai di ujung juga ya… saran dari mimin bacanya pelan-pelan saja. Pahami satu persatu sambil praktek. Jangan lupa serius dan jangan terbagi fokus sama yang lain. Dengan begitu, teknik-teknik closing diatas dapat berjalan mulus sesuai keinginan awal.

Nah sekian materi trik chatting untuk mempercepat closing, semoga bermanfaat bagi anda. Jangan lupa share ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *