Dalam dunia marketing, tentu tidak lengkap jika tidak membahas Facebook Ads. Iklan Facebook atau Facebook Ads adalah fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu Fanspage, post, atau produk yang sebelumnya sudah dibuat oleh pengguna Facebook dengan jangkauan yang berbeda dan dapat diatur oleh pemasang iklan tersebut.
Nah, dalam facebook ads banyak sekali istilah yang sering digunakan oleh para digital marketer.
Berikut adalah Istilah yang sering dipakai dalam Facebook Ads
- LLA/ Looklike Audience adalah target serupa yang dibuatkan oleh Facebook berdasarkan sumber yang kita tentukan, jadi facebook akan membuat target yang serupa dari sisi karakter dengan sumber, jika sumber kita suka berinteraksi maka yang dikasih yang suka interaksi, jika sumber kita yang suka beli maka yang dikasih yang suka beli. Namun semua ini tidak menjadi keberhasilan iklan kita, harus kita coba… Facebook memang empiris, semua orang tidak akan sama, kaya iklan produk a di akun yang berbeda
Sumber LLA bisa dari Costum Audience, bisa dari Fanspage, costum audience bisa dari website, interaksi page, dari open canvas, dari form dll
- Costum Audience adalah Audience yang kita buat berdasarkan tindakan tertentu. Disingkat CA, CA bisa dibuat dari Interaksi fanspage, open canvas, web trafik, video view, dan banyak lagi. Fungsi Costum Audience bisa digunakan untuk retargeting dan membuat LLA atau Looklike Audience.
- Pixel adalah kode atau angka yang ditanam di website kita untuk mengetahui atau men tracking aktiftas yang masuk ke web. Baik yang mengunjungi web kita, yang beli, yang bayar dan yang beli tidak bayar.
Pixel bisa dibuat Costum audience, dan dibuat LLA lalu digunakan untuk retargeting atau LLA.
- View Content (VC) adalah hasil dari data atau pengunjung yang masuk ke konten kita, baik home produk, landing page atau halaman produk. VC bisa langsung dibuat Costum audience dan bisa dibuat LLA nya juga.
- Add to Cart (ATC) adalah hasil data atau pengunjung yang menambahkan produk ke keranjang tetapi sampai form pembayaran tapi belum membayar, dan bisa difollow up untuk membayar.
- Add to Whislist (ATW) adalah hasil data atau pengunjung yang menambahkan sesuatu ke daftar belanjaan, hanya menambahkan saja, tidak sampai ke form pembayaran… atau jika ke wa hanya masuk ke wa saja… belum tentu beli dan bayar, tetapi sudah ada minat.
- Purchase adalah daftar hasil data atau pengunjung yang membeli dan bayar, biasanya mereka sudah sampai ke thank you page di website kita.
- Video View (VV) adalah hasil data atau orang yang memutar video… bisa per 3 detik, 10 detik, atau 50%, 75% atau 100% durasi memutarnya… inipun bisa dibuat Costum Audience.
Sekian artikel mengenai istilah atau singkatan yang sering digunakan dalam facebook ads. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar dibawah.