Psikologi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah. Di dunia marketing modern, psikologi dapat dimanfaatkan untuk keperluan marketing. Dengan mengetahui tips dan trik ilmu psikologi, maka anda berpeluang untuk mengubah para window shopper menjadi pembeli.
Apa itu Window Shopper?
Window Shopper adalah seseorang yang hanya suka / berniat untuk melihat-lihat saja dan biasanya tidak memiliki niat dan maksud untuk membeli produk di toko online yang mereka kunjungi.
Maka dari itu, jika para window shopper menjadi pembeli maka penjualan anda akan meningkat.
Dengan melakukan sedikit perubahan yang mudah dan cepat menggunakan trik psikologi maka peluang meningkatnya omset akan semakin terbuka lebar.
Jika penerapan psikologi berhasil, maka orang yang awalnya hanya berniat mencuci mata di toko online anda, maka akhirnya mereka memutuskan untuk membeli karena mereka melihat suatu keunikan atau sesuatu yang menarik.
Contoh trik psikologi yang menarik perhatian pembeli yaitu diskon.
Dan meskipun pembeli tidak jadi membeli karena tidak memiliki uang, maka jika mereka telah memiliki uang, mereka akan berfikir untuk mengunjungi web toko online yang pernah mereka lihat karena secara tidak langsung website yang pernah mereka pernah kunjungi sudah ada di alam bawah sadar mereka.
Bagaimana Cara Mempengaruhi Window Shopper agar menjadi Pembeli?
Caranya cukup mudah, anda perlu sedikit memperdalam ilmu psikologi. Namun, apakah harus kuliah jurusan psikolog? tentu tidak. Kali ini admin akan memberikan trik psikologi tersebut secara gratis.
Dengan mempelajari materi ini, anda akan dapat menumbuhkan minat beli para window shopper. Bagaimana caranya? Berikut adalah pembahasanya…
5 Trik Psikologi untuk Meningkatkan Penjualan Online Shop Anda
Lakukan trik ini dengan serius agar hasilnya maksimal. Tentu setiap orang hasilnya akan berbeda namun jika anda menerapkan trik ini maka admin jamin 100% hasilnya akan lebih baik dari pada tidak menerapkan trik psikologi ini.
1. Trik Pertama : Contrast Effects (SOCIAL PSYCHOLOGY)
Trik ini bermain dengan sifat alami manusia yang selalu tertarik pada hal yang berbeda dan menonjol dari yang lainya. Manusia akan lebih memperhatikan suatu hal yang secara visual lebih kontras.
Hal ini berlaku pada website online anda. Jika produk anda dibuat lebih kontras dari elemen web maka hal ini juga dapat memicu pembelian. Anda harus menonjolkan apa yang ingin anda jual.
Diatas merupakan contoh permainan kontras yang dilakukan oleh website e-commerce raksasa lazada.
Mereka membuat contrast link pembelian pulsa dari teks di sekitarnya. Hal ini dapat memicu pembelian karena kontras yang baik dapat menarik perhatian pengunjung.
Selain permainan kontras teks dengan background, ada juga trik lain yang tidak kalah ampuh. Yaitu trik kontras harga. Agar dapat lebih paham, coba perhatikan gambar berikut ini:
Teks harga diskon ditampilkan dengan warna merah sedangkan harga aslinya warna abu.
Hal ini tentu akan lebih menarik jika dibandingkan dengan hanya menggunakan warna yang sama.
Selain itu, mereka memberi efek strikethrought (coretan teks) agar lebih menegaskan bahwa itu bukan harga asli.
Mau contoh lain?
Coba lihat gambar berikut
Menurut anda mana yang lebih menarik?
Tentu gambar yang besar ditengah bukan? selain besar, gambar tersebut juga memiliki warna yang lebih berbeda dengan gambar di sekitarnya.
Hal ini sangat kontras yang terbukti dapat mencuri perhatian orang.
Nah, sebelum anda lanjut ke langkah berikutnya, coba anda terapkan dulu cara pertama ini. Dan buktikan hasilnya, maka penjualan anda berpotensi lebih untung dari pada sebelumnya.
2. Trik Kedua : Sugesti Mental Pengikut
Apa itu mental pengikut? simak contoh berikut ini,
“Rishal ingin membeli smartphone di sebuah toko online. Rishal kemudian tertarik untuk membeli smartphone di toko A yang harganya 3.000.000. Namun, rishal ragu karena testimoninya sedikit lantas rishal mencari toko online lain. Kemudian rishal menemukan smartphone dengan tipe yang sama di toko B. Namun harganya lebih mahal yaitu 3.199.000. Namun, rishal memilih membeli di toko B karena testimoninya banyak dan ratingnya bagus walaupun lebih mahal dari toko A.”
Dari kasus diatas apa yang dapat disimpulkan?
Ya, pembeli tersebut memiliki mental pengikut. Hal ini bukan tanpa alasan. Rishal memilih cari aman karena ia tidak ingin tertipu dan kecewa dengan toko yang dibelinya.
Jadi, semakin banyak orang yang memakai dan membeli suatu merk, model atau produk maka orang akan semakin yakin akan produk yang akan dibelinya.
Terus bagaimana cara mesugesti window shopper menjadi pembeli? caranya cukup mudah, anda tinggal menerapkan konsep “TER” di toko online anda.
Contohnya seperti apa konsep “TER” itu? contohnya, anda mengkategorikan produk berdasarkan :
- Terpopuler
- Terlaris (paling banyak dibeli)
- Termurah
- Terdekat (jika memakai lokasi)
- Ter Rating (berdasarkan testimoni)
Bagaimana contoh penerapanya?
Coba perhatikan gambar berikut:
Mayoritas orang akan membandingkan terlebih dahulu produk yang akan dibeli.
Jadi, dengan adanya fitur ini, pada window shopper akan lebih mudah untuk mencari produk yang di inginkanya. Jika cocok sesuai hati mereka, bukan tidak mungkin mereka akan menjadi pembeli.
3. Trik Ketiga : Buat Produk yang ingin ditonjolkan menjadi KEBARUAN
Apa maksudnya ini?
Jika anda membeli baju atau apapun, pasti anda lebih memilih model yang terbaru bukan? Hal ini bukan tanpa alasan.
Manusia memang sudah memiliki sifat alami ini sejak lahir, maka dari itu tidak heran jika anda melihat jutaan orang mengantri demi sebuah produk yang di inginkanya.
Dari semua trik, mungkin inilah yang termudah. Anda tinggal mencantumkan kolom TERBARU atau menambah label BARU pada sebuah produk yang anda inginkan.
Hal ini sangat jitu untuk mempengaruhi para window shopper karena biasanya para window shopper sengaja berkunjung ke website-website toko online hanya untuk mencari produk terbaru agar mereka merasa up to date dan tidak ketinggalan.
Coba perhatikan contoh penerapanya di gambar berikut:
Toko online diatas menawarkan fitur yang diberi label ‘baru’.
Hal ini tentu akan membuat pengunjung penasaran dan akhirnya mereka klik tautan yang dipromosikan untuk menghilangkan penasaran.
Nah, biasanya dari perasaan penasaran inilah yang menimbulkan rasa ketertarikan. Jika window shopper sudah tertarik kemungkinan mereka untuk membeli juga akan semakin besar.
Contoh lain penerapan teknik kebaruan yaitu seperti gambar berikut ini:
Kalimat terbaru diatas mengartikan bahwa harga yang ditampilkan merupakan harga yang terupdate.
Percaya atau tidak, otak manusia lebih suka akan kebaruan jadi dari hal sederhana inilah kita bisa memulai untuk menerapkan trik psikologi marketing yang ampuh dan jitu.
4. Trik Keempat : Simplify the Choice
Kesederhanaan merupakan hal yang wajib dalam sebuah website toko online. Konsep kesederhanaan harus diterapkan dalam berbagai hal, mulai dari tampilan website, tata letak website, dan tentunya konten yang ditampilkan.
Sudah menjadi fakta bahwa otak manusia tidak menyukai kerumitan. Orang akan gampang kesal dan jenuh ketika dihadapkan dengan suatu masalah.
Begitupun dengan website online shop.
Jika tampilanya rumit, susah dimengerti dan pengoperasianya tidak bersahabat dengan orang awam maka kemungkinan besar web ada akan ditinggalkan hanya dalam beberapa detik.
Jadi usahakan untuk menyederhanakan apapun yang bisa disederhanakan.
Contoh yang paling penting yaitu pilihan produk.
Pilihan produk merupakan salah satu fitur yang sering ditawarkan oleh toko online.
Namun, jika pilihan produk terlalu banyak justru akan menyebabkan para window shopper kelelahan dan akhirnya tidak jadi memilih produk yang ditawarkan.
Hal ini disebabkan karena para pengunjung web membandingkan produk yang terlalu banyak.
Mereka pasti menganalisis kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis produk sebelum memilih.
Tentu ini sangat melelahkan otak karena otak memproses informasi terlalu banyak.
Jadi, sebaiknya anda hanya menawarkan pilihan produk tidak terlalu banyak.
Anda dapat menawarkan pilihan 4 atau Maksimal 6 pilihan agar para window shopper tidak kebingungan.
Berikut adalah contoh pilihan produk yang baik pada cross selling:
Dan ini contoh pilihan pada kategori:
Bagaimana? sudah paham belum. Jika sudah mari kita lanjutkan ke trik terakhir yaitu…
5. Trik Kelima : Limited Stock!
Dan trik psikologi terakhir yaitu kelangkaan produk. Sudah hal yang tidak aneh jika manusia suka hal-hal yang bersifat terbatas!
Lihat saja para miliarder yang berlomba-lomba membeli mobil bugatti yang harganya sangat mahal dan hanya di produksi beberapa saja.
Apa alasanya?
Hal ini berhubungan dengan ketakutan akan kehilangan kesempatan dalam memiliki sesuatu.
Hal ini sangat efektif untuk mengubah para window shopper menjadi pembeli. Biasanya para window shopper hanya membandingkan, memilih dan menyimpan produk pilihanya di favorit.
Namun, jika ternyata stock produk yang dipilih sedikit dan terbatas, hal ini tentu menjadi pertimbangan yang berat bagi window shopper.
Tentu mereka akan sedikit tertekan oleh keadaan ini dan akhirnya membeli produk yang dipilih tadi karena mereka takut barang yang di idamkanya kehabisan.
Maka dari itu, anda bisa mencoba trik limited stock.
Contohnya seperti berikut ini:
Stock yang sedikit mengindikasikan barang langka. Jadi anda bisa menggunakan trik ini pada barang-barang tertentu.
Namun, anda harus tetap jujur. Anda jangan menjadikan barang yang sudah pasaran atau mainstream menjadi langka. Hal ini tentu akan berpengaruh pada citra toko online anda.
Dan berikut adalah contoh banner produk yang menarik dengan kesan terbatas:
Jadi, mulai sekarang anda dapat menerapkan beberapa trik psikologi diatas untuk menjadikan toko online anda lebih baik kedepanya.
Dengan menerapkan beberapa Trik Psikologi maka peluang untuk Menarik Perhatian Calon Pembeli akan semakin besar.
Tentu, semua itu tidak akan berhasil jika tanpa dibarengi dengan kemauan dan usaha yang keras.
Untuk menambah ilmu, anda dapat membaca beberapa artikel berikut ini:
- 10 Cara Mendatangkan Traffic ke Website
- Pentingnya Konten Marketing untuk Bisnis Online
- Dampak Positif Menambah Followers Intagram Tehadap Olshop
- Panduan Marketing Jitu Lewat Whatsapp Marketing Hits!
Selain itu, anda dapat mensubscribe kami melalui email untuk mendapatkan update artikel terkini mengenai Digital Marketing.
Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar dibawah.